OSPH

OSPH yaitu Organisasi Santri Pesantren HUBULO sebagai organisasi intrasekolah untuk siswa Tarbiyatul Mu'allimin wa Mu'allimat Islamiyah (TMI) adalah wadah pembinaan dan penampung kreatifitas santri dalam latihan berorganisasi, juga dimaksudkan untuk sarana santri agar siap memimpin dan mau dipimpin, termasuk dimasyarakat kelak.

Pesantren HUBULO tempat persemaian pimpinan organisasi, di pesantren banyak pelajaran untuk berorganisasi umpamanya Organisasi Santri Pesantren HUBULO, Organisasi Kepramukaan Dll. Semuanya itu adalah sebagai pelajaran berorganisasi, persemaian benih-benih organisator yang akan ditanam di masyarakat. Masyarakat bagaikan tanah atau sawahnya, kalau benih itu baik, dan ditanam ditanah yang subur insya Allah akan menjadi pohon yang besar dan rindang daunnya. Di Pesantren HUBULO hanya ada satu Organisasi Pelajar, organisasi pelajar di Pesantren HUBULO adalah organisasi yang benar-benar bebas dari khilafiyah golongan, selain dari itu fungsinya adalah sebagai pelajaran dan latihan. Oleh sebab itu semua santri harus turut aktif dalam Organisasi Santri Pesantren HUBULO baik sebagai anggota atau sebagai pengurus.

Keberadaan OSPH tak terpisahkan dari kehidupan santri sehari-hari, sebab OSPH mengurus dan menggerakkan seluruh aktifitas santri, sehingga para santri dapat belajar mengurus diri sendiri.

Masa Amanah Pengurus OSPH adalah satu tahun, setelah itu tongkat estafet kepengurusan diserahterimakan kepada pengurus baru. Hal ini mengikuti slogan dan tradisi Pesantren HUBULO  yakni : "Patah Tumbuh Hilang Berganti" sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti dan  "Mau Dipimpin siap Memimpin" sebagai sarana pendidikan, serah terima amanat pengurus tersebut diadakan secara seremonial, resmi, didepan Pimpinan Pesantren HUBULO, para guru, serta seluruh siswa TMI sebagai anggota OSPH.

Adapun Bagian-bagian OSPH adalah sebagai berikut : Ketua OSPH, Wakil Ketua OSPH SekBen, Bagian Keamanan, Bagian Pengajaran, Bagian Bahasa, Bagian Kesehatan, Bagian Publikasi, Bagian Minat dan Bakat, dan Bagian Maintenence.